Jangan Keliru, Pahami 5 Perbedaan Cat Interior dan Eksterior

Apakah Anda pernah melihat sebuah bangunan dan terpesona oleh keindahan warna bagian dalam atau luarnya yang begitu menarik dan selaras? Tentunya ini menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk dinikmati, tetapi tahukah Anda bahwa terdapat perbedaan cat interior dan eksterior yang berarti?

Pilihan warna cat adalah salah satu aspek penting dalam merancang tampilan sebuah bangunan, baik di dalam maupun diluar. Baik cat interior maupun eksterior dirancang khusus sesuai fungsinya dengan mempertimbangkan daya tahan, lalu lintas manusia, faktor estetika, hingga perubahan suhu. 

Umumnya, semua cat dibuat dari bahan dasar yang sama, ini seperti resin, aditif, pelarut, dan pigmen. Namun, saat ini, kebanyakan cat telah menggunakan air sebagai bahan dasarnya. Pada cat berbahan dasar air, air akan menguap ketika cat mengering sehingga tidak menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan.

Jika Anda saat ini sedang merencanakan pembangunan atau renovasi bangunan, pastikan Anda sudah mengetahui perbedaan cat interior dan eksterior, serta bagaimana keduanya bekerja sama untuk menciptakan tampilan ruang yang nyaman dan menakjubkan. 

Apa itu Car Interior?

Cat Interior adalah jenis cat yang digunakan pada bagian dalam bangunan, seperti area ruangan kamar, lorong, kamar mandi, dapur, dan lain-lain. Karena dirancang khusus untuk diaplikasikan di dalam ruangan, cat interior dipastikan mampu bertahan dari lalu lintas manusia, pembersihan, hingga perubahan suhu dan kelembapan. 

Biasanya cat interior memiliki tampilan khas yang berbeda-beda menurut tingkat kilaunya, seperti glossy, semi-gloss, dan matte karena sangat menentukan tampilan di dalam ruangan. Disisi lain, cat interior sering memiliki berbagai pilihan warna dan tekstur sehingga memungkinkan Anda mengekspresikan gaya dan suasana yang diinginkan di dalam ruangan Anda. 

Cat interior mengandung bahan kimia yang membuatnya tahan terhadap noda, mengkilap, dan lebih mudah dibersihkan, tetapi tetap tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada baiknya Anda tidak menggunakan cat interior di bagian luar ruangan karena cat ini belum tentu bisa bertahan menghadapi kondisi di luar ruangan.

Baca juga: 10 Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah

Apa itu Car Eksterior?

Berbanding terbalik dari cat interior, cat eksterior merupakan jenis cat yang digunakan pada bagian luar bangunan. Cat eksterior dirancang khusus untuk menghadapi kondisi cuaca yang keras, seperti sinar matahari, hujan, angin, dan lainnya. Fokus utama dari cat eksterior juga berpusat pada perlindungan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh alam, sehingga bangunan tetap terlihat indah dan kuat disaat yang bersamaan. 

Tidak hanya itu, cat eksterior juga menggunakan resin yang bersifat lembut sehingga membuatnya sangat fleksibel. Dengan begitu, cat eksterior tidak akan mudah mengalami kerusakan. Karena daya tahannya ini, cat eksterior umumnya memiliki harga lebih mahal dibandingkan cat interior. 

Karena bahan-bahannya ini, sebaiknya jenis cat ini tidak digunakan pada bagian dalam bangunan karena memiliki kualitas bahan yang lebih kuat. Mungkin Anda berpikir, jika cat eksterior mampu tahan di luar ruangan, tentunya di dalam akan lebih kuat, tetapi perlu diingat bahwa beberapa bahan cat eksterior akan dapat sangat mengganggu kesehatan Anda.

Baca juga: Pilihan Cat yang Bisa di Lap Untuk Memperindah Rumah

5 Perbedaan Cat Interior dan Eksterior 

Perbedaan cat interior dan eksterior sangat penting untuk diketahui karena akan membantu Anda mendapatkan hasil yang tidak hanya menarik, tetapi juga kuat dan bertahan lama. Pahami Perbedaan cat interior dan eksterior di bawah untuk menciptakan suasana ruang yang nyaman. 

1. Bahan Dasar dan Fungsinya

Cat interior mengandung bahan yang membuatnya lebih anti noda dan mudah dibersihkan, mengingat bagian dalam bangunan lebih sering berkontak langsung dengan manusia dan hewan peliharaan. Maka dari itu, cat interior harus mengandung senyawa organik yang mudah menguap dalam jumlah rendah atau 0 sehingga mengurangi risiko kesehatan. Selain itu, resin pada cat interior juga harus lebih kaku sehingga mengurangi noda dan lecet.  

Sedangkan untuk cat eksterior menggunakan bahan yang lebih kuat untuk menahan segala kondisi cuaca, seperti hujan, sinar matahari, angin, dan yang lainnya. Umumnya, cat eksterior memiliki bahan resin pengikat yang sangat lembut. Hal ini bertujuan untuk membuat bagian luar bangunan tidak mudah terkelupas dan pudar. 

2. Pilihan Warna dan Tekstur 

Cat interior umumnya menawarkan berbagai pilihan warna karena interior bangunan sering digunakan untuk menciptakan suasana yang berbeda di setiap ruangannya. Tekstur cat interior juga sangat berbeda, mulai dari tampilan mat atau datar hingga efek bertekstur atau berkilau. Banyaknya pilihan yang ada ini memberikan Anda kebebasan untuk memilih cat sesuai dengan gaya dan konsep bangunan. 

Karena fokus utamanya terletak pada daya tahan dan perlindungan luar, cat eksterior seringkali memiliki pilihan warna dan tekstur yang jauh lebih terbatas dibandingkan cat interior. Biasanya warna cat eksterior berkisar pada warna putih, abu-abu, atau warna netral lainnya. Selain itu, teksturnya juga cenderung lebih pada tampilan datar atau satin yang lebih mudah dibersihkan. 

3. Teknik Pengaplikasian 

Ketika Anda mengecat bagian dalam ruangan, prosesnya relatif lebih mudah dan bisa dilakukan tanpa keahlian yang benar-benar khusus. Dalam proses cat interior, teknik yang umum digunakan melibatkan penggunaan cat dengan kuas atau roller. Karena permukaan di dalam ruangan umumnya lebih rata, kesalahan dalam pengecatan akan dapat lebih mudah diperbaiki. 

Sementara itu, teknik cat eksterior jauh lebih kompleks karena cat tersebut harus tahan terhadap kondisi cuaca kedepan. Pemilihan cat dan aplikasi harus sangat tepat, terlebih dalam pengelupasan cat lama, perbaikan retakan, dan penggunaan primer yang tahan cuaca. Dalam mengaplikasikan cat eksterior, alat yang digunakan adalah semprotan, rol khusus, atau bahkan dengan bantuan kompresor udara untuk memastikan penutupan yang merata. 

4. Proses Pengeringan 

Proses pengeringan cat interior dan eksterior memiliki perbedaan yang signifikan karena pengaruh kondisi lingkungan dan komposisi kimia dari masing-masing jenis car. Pada umumnya, cat interior cenderung lebih cepat mengering karena dicampurkan pada air yang jelas lebih cepat menguap di dalam ruangan dengan suhu dan kelembapan stabil. Cat interior biasanya memerlukan waktu sekitar 2 hingga 4 jam untuk proses pengeringannya. 

Sedangkan untuk cat eksterior, waktu pengeringan menjadi jauh lebih lama karena harus tahan terhadap cuaca luar yang berubah-ubah. Proses pengeringan pada cat eksterior biasanya memakan waktu sekitar 24 sampai 48 jam atau bahkan lebih lama tergantung pada faktor kelembapan udara, subuh, dan jenis cat yang digunakan. 

5. Harga 

Perbedaan antara kedua jenis cat ini sejatinya tidak begitu besar, tetapi akan cukup terasa jika Anda sedang dalam proses pembangunan atau renovasi rumah. Karena mengandung lebih banyak bahan tambahan dan daya tahannya yang lebih baik, cat eksterior umumnya memiliki harga yang lebih mahal. Sedangkan untuk cat interior cenderung lebih terjangkau karena tidak menawarkan ketahanan dan perlindungan yang sama. 

Jika Anda menggunakan cat eksterior pada bagian dalam bangunan, Anda bisa saja merasakan asap kimia yang mengganggu kesehatan. Begitupun ketika menggunakan cat interior di bagian luar bangunan, Anda akan menemukan bangunan menjadi retak, terkelupas, dan memudar dalam waktu yang sangat singkat.

Baca juga: 3 Harga Cat Tembok Murah Tapi Bagus dan Berkualitas

Meskipun mungkin tampak sepele pada pemakaian pertama, penggunaan setiap jenis cat tentunya dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat nyata sehingga sebaiknya Anda memahami dengan benar perbedaan cat interior dan eksterior. 

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, Pilihlah cat berkualitas seperti yang bisa Anda temukan di Klopmart. Di Klopmart, Anda bisa menjelajahi berbagai pilihan warna dan harga cat tembok terbaik yang pastinya sesuai dengan pasar distributor. 

Segara dapatkan daftar pilihan dan harga cat tembok di Klopmart dan hasilkan tampilan interior dan eksterior rumah yang memukau!

Sumber rujukan: 

  • https://www.baumerk.com/en/blog/what-is-the-difference-between-interior-and-exterior-paint#:~:text=Interior%20paints%20are%20paints%20used,and%20provide%20an%20aesthetic%20appearance. 

  • https://www.pcimag.com/blogs/14-pci-blog/post/107801-the-difference-between-interior-and-exterior-paint 

  • https://www.realmilkpaint.com/blog/tips/interior-vs-exterior-paint/

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

7 Penyebab Cat Tembok Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Cat dan Kimia

7 Penyebab Cat Tembok Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya
2 Rekomendasi Cat untuk Mural Dinding Terbaik bagi Seniman

Cat dan Kimia

2 Rekomendasi Cat untuk Mural Dinding Terbaik bagi Seniman

Selengkapnya