6 Penyebab MCB Posisi On Tapi Listrik Mati

MCB atau meteran listrik posisi on tapi listrik mati? Kira-kira apa penyebab listrik mati tapi meteran tetap menyala ya? MCB (Miniature Circuit Breaker) atau yang sering disebut sebagai meteran aliran listrik menjadi bagian penting dalam alur kelistrikan pada sebuah bangunan. Perangkat elektromekanikal ini berfungsi sebagai pelindung rangkaian listrik dari arus yang berlebihan. Dapat dikatakan bahwa MCB dapat memutuskan arus listrik secara otomatis. Faktor penyebabnya adalah arus listrik yang melewati MCB tersebut melebihi nilai yang ditentukan.

Namun saat arus dalam kondisi normal, MCB dapat berfungsi sebagai saklar yang bisa menghubungkan atau memutuskan arus listrik secara manual. Namun, jika MCB berada pada posisi on, namun listrik mati, maka apa yang terjadi? Simak penjelasan lengkap mengenai alasan mcb posisi on tapi listrik mati di bawah ini!


6 Penyebab MCB Posisi On Tapi Listrik Mati

MCB pada dasarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan Sekering (FUSE) yaitu memutuskan aliran arus listrik saat terjadi gangguan kelebihan arus. Kelebihan arus listrik ini bisa dikarenakan adanya hubungan singkat (Short Circuit) ataupun beban lebih (Overload). Namun MCB ini bisa kembali dinyalakan saat rangkaian listrik sudah normal, sedangkan fuse/sekering yang terputus akibat gangguan kelebihan arus tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Namun, sering kali terjadi ketika posisi MCB on, namun mati listrik. Hal ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Kabel Twist yang Tidak Kencang

Kabel twist adalah kabel listrik dari tiang PLN ke rumah Anda. Disaat kabel ini berada pada posisi longgar, listrik yang menuju ke rumah tidak akan tersampaikan. Sehingga rumah tidak mendapat pasokan listrik. Bila Anda menggunakan instalasi listrik dengan kWh meter Pascabayar, pastikan pulsa listrik di rumah Anda tidak habis. Namun bila pulsa listrik masih ada dan listrik tetangga menyala serta layar pada kWh meter juga mati, bisa dipastikan kabel twist longgar. Segera hubungi pihak PLN untuk bisa mengatasi penyebab yang satu ini.  

2. kWh Meter yang Tidak Terhubung dengan MCB

Putus atau terlepasnya kabel dari kWh meter ke MCB juga bisa menjadi penyebab listrik dalam rumah padam padahal posisi MCB tetap on. Jika Anda mengalami kejadian yang satu ini, maka yang harus bertanggung jawab adalah PLN. Anda bisa minta bantuan ke petugas PLN lewat kontak layanan yang disediakan.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah secara Sederhana 

3. Jalur Instalasi Dari MCB ke Rumah Rusak

Jika tidak ada pemadaman serentak alur posisi MCB on dan kWh meter masih menyala namun listrik dalam rumah padam, alasan berikut ini bisa menjadi penyebabnya. Besar kemungkinan jalur atau kabel instalasi listrik dari MCB ke rumah mengalami kerusakan. Hubungi ahli kelistrikan jika Anda tidak paham mengenai hal ini karena untuk memperbaikinya cukup berisiko.
 

4. Kualitas MCB

MCB posisi on tapi listrik mati bisa juga disebabkan oleh penurunan kualitas MCB. Setelah digunakan dalam jangka waktu yang panjang, tentu kualitasnya akan menurun. Bila masalahnya demikian, Anda bisa mencari penggantinya sendiri. Untuk pemasangan bisa dengan mencari ahli kelistrikan jika tidak paham akan hal ini. 

Baca juga: Merk Kabel Listrik Terbaik yang Sesuai dengan Standar SNI

5. kWh Meter PLN Menunjukan Layar Periksa

Bila terjadi kerusakan pada kWh meter maka listrik dalam rumah tentu saja akan mati. Kerusakan ini ditandai dengan munculnya tulisan periksa atau Error pada layar kWh meter. Segera hubungi PLN untuk bisa mengatasi hal yang satu ini.

Itu dia berbagai alasan kenapa listrik rumah Anda bisa mati padahal MCB masih menyala. Semoga informasi mengenai MCB posisi on tapi listrik mati ini bisa berguna, dapatkan juga informasi harga kabel listrik 1 roll dari Klopmart yang bisa berguna untuk Anda.

6. Pemadaman Listrik Oleh PLN

Ketika terjadi pemadaman listrik bergilir, MCB tetap dalam posisi on meskipun aliran listrik terputus. Ini terjadi karena pemadaman listrik di wilayah rumah Anda, menyebabkan listrik di rumah mati secara massal. Untuk memastikan apakah ini benar-benar pemadaman, Anda dapat mengeceknya dengan bertanya kepada tetangga atau menghubungi pihak PLN setempat.

Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan penerangan bangunan Anda di Klopmart! Dari lampu-lampu hemat energi hingga desain inovatif, kami menyediakan beragam pilihan lampu yang cocok untuk segala jenis ruang. Kunjungi sekarang untuk menemukan lampu yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan bangunan Anda.

5 Cara Mengatasi Listrik Mati Tapi Meteran Hidup

Jika listrik mati tetapi meteran listrik Anda masih hidup, mungkin ada beberapa penyebab yang perlu diperiksa. Berikut adalah lima cara untuk mengatasi masalah ini:

1. Periksa Pemutus Sirkuit

Salah satu alasan listrik mati meskipun meteran hidup adalah pemutus sirkuit (circuit breaker) yang trip atau mati. Periksa panel listrik Anda untuk memastikan bahwa semua pemutus sirkuit berada dalam posisi ON. Jika ada pemutus sirkuit yang berada di posisi OFF atau trip, hidupkan kembali pemutus tersebut. Jika pemutus sirkuit terus-menerus trip, mungkin ada masalah dengan sistem listrik Anda yang perlu diperiksa oleh teknisi listrik.

2. Periksa Kerusakan pada Kabel atau Stopkontak

Periksa kabel dan stopkontak di area yang terdampak. Kabel yang putus atau stopkontak yang rusak dapat menyebabkan listrik mati di beberapa bagian rumah. Pastikan tidak ada kabel yang terlihat rusak atau berhenti berfungsi. Jika Anda menemukan kerusakan, perbaiki atau ganti komponen yang rusak. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya hubungi teknisi listrik untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Periksa Pengaturan Meteran Listrik

Pastikan meteran listrik Anda tidak mengalami gangguan atau masalah teknis. Beberapa meteran listrik memiliki pengaturan yang dapat mempengaruhi aliran listrik. Jika Anda tidak yakin dengan pengaturan meteran listrik, sebaiknya hubungi penyedia layanan listrik Anda untuk memeriksa dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah secara Sederhana

4. Cek Masalah dengan Perangkat Listrik

Kadang-kadang masalah bisa berasal dari perangkat listrik itu sendiri. Periksa apakah perangkat yang tidak berfungsi memiliki masalah atau kerusakan. Cobalah untuk mencolokkan perangkat tersebut ke stopkontak yang berbeda untuk memastikan bahwa perangkat tersebut tidak mengalami kerusakan. Jika perangkat listrik berfungsi dengan baik di stopkontak lain, masalahnya mungkin terletak pada stopkontak yang pertama.

5. Hubungi Penyedia Layanan Listrik

Jika setelah memeriksa semua hal di atas masalah listrik Anda belum teratasi, sebaiknya hubungi penyedia layanan listrik Anda. Mereka dapat memeriksa dan menangani masalah yang mungkin tidak dapat diidentifikasi atau diperbaiki sendiri. Ada kemungkinan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh gangguan dari luar jaringan atau masalah pada sistem distribusi listrik.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan mengenai penyebab MCB (Miniature Circuit Breaker) berada di posisi ON tetapi listrik mati dan cara mengatasinya, Anda dapat menyimpulkan bahwa masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa fakto. Jika masalah tetap ada setelah langkah-langkah tersebut, menghubungi penyedia layanan listrik untuk penanganan lebih lanjut adalah langkah terakhir yang perlu diambil untuk mengatasi gangguan pada sistem distribusi listrik atau masalah lainnya.

Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan penerangan bangunan Anda di Klopmart! Dari lampu-lampu hemat energi hingga desain inovatif, kami menyediakan beragam pilihan lampu yang cocok untuk segala jenis ruang. Kunjungi sekarang untuk menemukan lampu yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan bangunan Anda. Temukan produk terbaik untuk proyek Anda hanya di Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

12 Jenis-Jenis Lampu LED dan Cara Memilihnya

Lampu & Listrik

12 Jenis-Jenis Lampu LED dan Cara Memilihnya

Selengkapnya
5 Cara Menentukan Watt Lampu untuk Ruangan

Lampu & Listrik

5 Cara Menentukan Watt Lampu untuk Ruangan

Selengkapnya
Cara Memasang Lampu Led Strip: 7 Langkah Mudah dan Alat yang Dibutuhkan

Lampu & Listrik

Cara Memasang Lampu Led Strip: 7 Langkah Mudah dan Alat yang Dibutuhkan

Selengkapnya