12 Jenis Finishing Kayu: Panduan Memilih yang Terbaik

Apakah Anda sedang merencanakan untuk membeli atau memperbarui furniture kayu di rumah? Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah memilih jenis finishing kayu yang akan digunakan. 

Finishing kayu tidak hanya memberikan tampilan yang indah, tetapi juga sangat berguna melindungi permukaan luar dan memperpanjang umur furniture Anda. Oleh karena itulah Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih finishing. Coba cari tahu apa saja jenis finishing yang bisa Anda gunakan berikut ini.

Jenis Finishing Kayu untuk Furniture Rumah


Sejatinya tidak ada aturan untuk melakukan finishing pada furniture yang terbuat dari kayu. Namun akan lebih baik jika Anda melakukannya demi ketahanan penggunaan. Furniture kayu yang dilapisi oleh finishing yang tepat pasti bisa bertahan lebih lama daripada furniture yang tidak dilapisi. Berikut beberapa jenis finishing kayu yang bisa digunakan. 

1. Melamin 

Melamin adalah salah satu jenis finishing kayu yang paling populer. Melamin menggunakan lapisan tipis yang terbuat dari bahan sintetis seperti resin dan serat kertas yang dilapisi dengan dekoratif kertas melamin. 

Jenis finishing ini memberikan tampilan yang halus dan tahan lama. Bahkan lapisan melamin mampu memberikan ketahanan terhadap noda, goresan, dan juga sinar UV. Finishing melamin cocok digunakan pada furniture meja, lemari, dan rak.

2. Cat Kayu 



Cat kayu adalah jenis finishing yang dapat memberikan tampilan beragam dan kreatif pada furniture kayu di rumah. Terdapat berbagai macam cat kayu, seperti cat berbasis air, cat berbasis minyak, maupun cat semprot. 

Penggunaan cat kayu mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap kayu dan dapat diaplikasikan dalam berbagai warna maupun tekstur. Melapisi furniture dengan cat kayu pasti akan menciptakan tampilan unik dan sesuai dengan gaya dekorasi rumah Anda!

3. Varnish 

Kalau Anda mencari jenis finishing yang mampu menciptakan hasil alami maka varnish merupakan jawabannya. Finishing ini melindungi kayu dari kelembaban, panas, juga aus. 

Varnish terdiri dari bahan seperti resin dan minyak yang pada akhirnya mampu memberikan perlindungan yang baik sambil tetap mempertahankan keindahan serat kayu. Varnish umumnya digunakan pada furniture kayu yang terpapar langsung dengan faktor cuaca, seperti meja taman atau furniture outdoor.

Baca juga: Tips Memilih Furniture Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas

4. Lacquer 

Ingin tampilan furniture terlihat glossy? Lacquer bisa Anda jadikan pilihan untuk melapis furniture agar terlihat berkualitas. Finishing ini terbuat dari berbagai campuran bahan seperti resin, pengencer, dan pigmen. 

Lacquer memberikan lapisan yang kuat dan tahan lama sehingga hasil akhir furniture akan terlihat sangat elegan dan mengilap. Finishing lacquer sangat cocok digunakan pada furniture dengan gaya kontemporer atau modern.

5. Natural Oil 


Natural oil termasuk jenis finishing kayu yang dapat memberikan tampilan alami dan menonjolkan keindahan serat kayu. Hal ini terjadi karena jenis finishing ini terbuat dari minyak alami, seperti minyak biji rami. 

Natural oil akan meresap ke dalam serat kayu, lalu memberikan perlindungan dan memperdalam warna. Finishing ini biasa digunakan untuk furniture kayu dengan tampilan yang lebih alami dan organik.

6. Wax 

Wax adalah jenis finishing yang memberikan tampilan yang lembut pada kayu. Finishing wax terbuat dari campuran lilin dan minyak yang nantinya bisa langsung dioleskan ke permukaan kayu. 

Wax memang memberikan perlindungan dan kilau yang lembut pada kayu, tetapi tidak sekuat jenis finishing lainnya. Wax umumnya digunakan pada furniture kayu dengan tampilan yang klasik atau antik.

7. Polyurethane 


Polyurethane adalah jenis finishing yang terbuat dari bahan sintetis dan dapat mengering dengan cepat. Jenis finishing ini mampu memberikan lapisan keras yang tahan terhadap goresan, noda, dan sinar UV. Polyurethane juga cocok digunakan pada furniture kayu yang sering terkena gesekan, seperti meja dan kursi.

8. Stain 

Stain merupakan tipe finishing yang memberikan nuansa warna sambil tetap menjaga penampilan alami serat kayu. Biasanya jenis finishing ini digunakan sebelum menerapkan lapisan finishing lain, seperti varnish atau lacquer. Stain berperan dalam mengubah warna kayu menjadi lebih beragam dan memberikan dimensi tambahan pada furniture Anda.

Baca juga: 6 Jenis Kayu Ringan dan Kuat yang Cocok untuk Furniture!

9. Shellac 

Shellac merupakan jenis finishing kayu resin yang diperoleh dari sekresi serangga yang hidup di pohon kusum. Finishing ini memberikan kilauan elegan dan permukaan yang halus pada kayu sekaligus melindunginya dari kelembaban dan kerusakan ringan. Penggunaan Shellac umumnya diterapkan pada furniture kayu dengan desain yang tradisional atau antik.

10. Water-based Polyurethane 



Water-based polyurethane termasuk ke dalam varian finishing polyurethane yang menggunakan air sebagai pengencer. Penggunaan finishing ini dikenal lebih ramah lingkungan dan menghasilkan sedikit aroma dibandingkan dengan polyurethane berbasis minyak. 

Meski demikian, water-based polyurethane tetap memberikan perlindungan yang baik pada kayu dengan hasil akhir jernih dan tahan lama.

11. Tung Oil 

Tung oil, atau minyak biji tung, merupakan salah satu jenis finishing kayu yang terbuat dari biji tanaman Vernicia fordii. Finishing ini memberikan tampilan alami yang menonjolkan keindahan serat pada kayu tersebut. 

Selain itu minyak ini juga akan memberikan perlindungan terhadap kelembaban yang mampu membuat pemakaian furniture bertahan lebih lama dari biasanya. Tung oil biasanya digunakan pada furniture kayu dengan tampilan yang organik dan ekologis.

12. UV-cured Finishes 

UV-cured finishes adalah jenis finishing kayu yang dikeringkan menggunakan sinar ultraviolet (UV). Proses pengeringan ini sangat cepat dan menghasilkan lapisan yang kuat serta tahan terhadap goresan dan noda. UV-cured finishes umumnya digunakan pada furniture kayu dengan permukaan yang kompleks atau pada produksi skala besar.

Dalam menjaga keindahan dan ketahanan furniture kayu, pemilihan jenis finishing yang tepat sangatlah penting. Apabila penjelasan berbagai jenis finishing kayu yang telah dipahami dengan baik maka Anda pasti dapat membuat pilihan cerdas untuk mencapai hasil akhir yang sesuai dengan keinginan.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Furniture Kayu dengan Efektif

Namun jika Anda ingin lebih berkreasi dengan membuat perubahan dalam interior rumah, tidak hanya pada furniture kayu tetapi juga pada dinding dan langit-langit, Klopmart adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Klopmart merupakan toko online yang menjual triplek motif kayu jati berkualitas.

Triplek motif kayu jati ini bisa menjadi alternatif menarik untuk menciptakan suasana hangat dan alami di dalam rumah Anda. Membeli triplek motif kayu jati di Klopmart juga sangat mudah dilakukan karena Anda bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja. 

Anda hanya perlu membuka Klopmart melalui smartphone lalu pesan kayu jati yang dibutuhkan. Stok yang tersedia juga banyak sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan. Penggunaan triplek kayu jati sendiri memang sudah menjadi pilihan populer karena dapat mengubah tampilan ruangan secara signifikan. 

Anda bisa menggunakan triplek tersebut untuk mem

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

8 Perabotan Rumah Minimalis dan Solusi Tata Ruangnya

Home & Living

8 Perabotan Rumah Minimalis dan Solusi Tata Ruangnya

Selengkapnya
9 Inspirasi Loteng Rumah dari Triplek yang Menarik

Home & Living

9 Inspirasi Loteng Rumah dari Triplek yang Menarik

Selengkapnya
7 Desain Rumah Kucing dari Triplek yang Unik

Home & Living

7 Desain Rumah Kucing dari Triplek yang Unik

Selengkapnya