12 Ide Penataan Ruang Tamu Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Penataan dalam berbagai ruangan sangat penting agar rapi dan enak dipandang. Namun melakukan penataan bisa jadi menantang karena banyaknya barang atau furniture. Pada akhirnya wajar saja kalau Anda merasakan ruangan menjadi sangat sempit. Namun jangan khawatir karena kali ini Anda akan diajak mempelajari ide-ide penataan ruang tamu agar ruangan terasa lebih luas.

Tahukah Anda bahwa penataan ruang tamu yang baik juga dapat membuat aktivitas menjadi lebih nyaman? Apabila selama ini anggota keluarga jarang menghabiskan waktu bersama di ruang tamu maka penataan ulang bisa dijadikan solusi tepat untuk mengatasinya. Tanpa berpanjang lebar lagi mari simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Ide Penataan Ruang Tamu

Penataan ruang tamu bisa dilakukan dengan berbagai metode. Anda bisa mencoba mengaturnya berdasarkan tema interior di rumah  atau mengikuti beberapa ide penataan yang akan dijelaskan berikut ini. 

1. Pilih Furniture yang Proporsional


Ide pertama untuk menata ruang tamu agar terlihat lebih luas ialah dengan memilih furniture yang proporsional. Namun sebelum membeli furniture, coba perhatikan dahulu ukuran ruang tamu Anda supaya tidak salah pilih.

Apabila area di ruang tamu Anda terbatas, sebaiknya hindari pemilihan furniture yang terlalu besar atau berat karena bisa membuat ruang terasa sesak. Dalam hal ini Anda bisa lebih memilih furniture yang memiliki banyak fungsi sehingga tidak perlu ada banyak barang di ruang tamu. Contohnya menggunakan sofa bed atau sofa storage sebagai tempat penyimpanan tambahan. 

Baca juga: 6 Perbedaan Lampu LED dan Biasa, Apa Saja?

2. Manfaatkan Pencahayaan yang Baik


Selanjutnya, Anda bisa mulai menata dengan memikirkan pencahayaan yang masuk ke dalam ruang tamu. Kalau selama ini jendela tertutup oleh furniture atau dekorasi gantung maka cobalah untuk menggesernya sebentar ke sudut ruangan yang lain.

Kemudian coba atur ulang dengan jendela sebagai pusatnya. Metode seperti ini akan memastikan ruangan tetap mendapatkan cahaya yang dibutuhkan tanpa terhalang berbagai barang. Masuknya cahaya pun membuat ruangan terasa lebih segar dan luas.

Jika ada beberapa sudut yang tidak terkena cahaya sinar matahari maka Anda bisa menambahkan beberapa lampu LED untuk membuat ruangan memiliki kesan yang hangat. 

3. Pilih Warna Dinding yang Terang


Warna dinding yang Anda pilih memiliki peran penting dalam menciptakan kesan luas dan nyaman pada ruang tamu. Apabila Anda menginginkan ruang tamu memiliki kesan yang lebih segar dan luas maka gunakanlah warna dinding yang terang, seperti putih, krem, atau warna pastel.

Warna terang juga memberikan kesan yang bersih sehingga seluruh anggota keluarga akan merasa lebih nyaman saat ingin beraktivitas di ruang tamu.

Baca juga: 10 Kombinasi Warna Cat Dinding Ruang Tamu yang Menarik

4. Letakkan Cermin di Tempat Strategis


Meletakkan cermin pada ruang tamu juga bisa dijadikan trik yang sangat efektif dalam menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Saat melakukan pengaturan ulang, coba pikirkan tempat terbaik untuk menaruh cermin besar tersebut. 

Anda bisa mencoba menempatkannya di tempat yang terkena cahaya agar sinar matahari bisa terpantul ke area lainnya di dalam ruang tamu. Penggunaan cermin dalam ruang tamu juga bisa menjadi dekorasi yang estetis sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan barang lain demi membuat ruangan tetap terasa lega. 

5. Gunakan Rak Dinding


Jika Anda membutuhkan tempat penyimpanan tambahan, cobalah gunakan rak dinding. Hindari menambah furniture karena hal ini dapat membuat ruangan terasa sempit. Itu sebabnya manfaatkan saja rak dinding untuk menyimpan barang-barang. 

Anda bisa menyimpan berbagai buku, koleksi dekorasi, atau barang-barang kecil lainnya. Selain menghemat ruang di area lantai, rak dinding juga bisa berfungsi sebagai dekorasi tambahan untuk ruang tamu Anda. 

6. Pilih Karpet dengan Ukuran yang Tepat


Ruang tamu masih terasa hampa? Jangan tergoda untuk menambah furniture di ruang tamu. Lebih baik Anda menambahkan elemen dekorasi lainnya seperti karpet. Coba pilih karpet dengan ukuran yang tepat untuk menjadikan ruangan terasa lebih hangat. Supaya tidak bingung, Anda bisa menyesuaikan ukuran karpetnya dengan luas ruang tamu. 

Jika area ruang tamu besar maka karpet yang digunakan juga harus besar. Namun jika ruang tamu kecil maka pilihlah karpet yang ukurannya kecil. Pastikan minimal dua kaki dari setiap furniture Anda berada di atas karpet atau mencapai ujungnya. Karpet yang tepat akan memberikan kesan ruang tamu yang teratur, juga estetis.

7. Hindari Terlalu Banyak Hiasan


Terlalu banyak hiasan atau dekorasi dapat membuat ruang tamu terlihat ramai dan berantakan. Alih-alih memenuhi setiap sudut ruang dengan hiasan, pilihlah beberapa dekorasi sederhana yang mampu memberikan kesan elegan. 

Sebagai contoh Anda bisa menggunakan beberapa bantal hiasan yang memiliki warna dan motif yang cocok dengan tema interior ruang tamu. Bisa juga menambahkan satu atau dua tanaman hias dalam pot yang menarik.

Baca juga: 10 Ide Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis

8. Buat Tata Letak Terbuka


Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk membuat tata letak terbuka yang menghubungkan ruang tamu dengan area lainnya, seperti ruang makan atau dapur. Tata letak terbuka akan menciptakan ilusi ruangan menjadi lebih luas. 

Pasalnya tembok penghalang yang digunakan untuk membatasi sudah dihilangkan sehingga area untuk bermobilisasi di dalam rumah menjadi lebih besar. Hal ini juga akan membuat ruang tamu tidak terasa terpencil atau terisolasi lagi. 

9. Buat Tempat Persembunyian untuk Furniture ataupun Barang


Penataan ulang bisa saja membuat Anda makin bingung dengan tempat penyimpanan barang lainnya yang masih dibutuhkan. Atau ternyata ruang tamu Anda masih terasa sesak setelah penataan ulang? Tenang, masih ada cara lain untuk mengatasinya dengan mudah. Anda bisa mencoba membuat tempat penyimpanan di dalam dinding untuk berbagai furniture

Contohnya meja dan kursi lipat yang bisa digunakan saat dibutuhkan, tetapi juga bisa disembunyikan lagi ketika Anda membutuhkan area yang lebih luas. Selain meja dan kursi, Anda bisa juga menyimpan berbagai barang yang dibutuhkan dengan mendesain tempat persembunyian yang cerdas. 

Anda bisa memanfaatkan bagian bawah sofa atau bagian dalam meja. Tidak ada salahnya juga untuk mengubah tangga di rumah menjadi tempat penyimpanan lainnya bagi seluruh barang Anda.

10. Hindari Pola Dekorasi Berlebihan


Pola yang berlebihan pada dinding, lantai, atau furniture dapat membuat ruangan terasa lebih sesak. Jika Anda ingin menambahkan suatu pola tertentu, sebaiknya gunakan hanya pada satu atau dua aspek saja. 

Baca juga: Tips Memilih Furniture untuk Rumah Minimalis

11. Buat Suatu Focal Point


Berlanjut dari poin sebelumnya, penggunaan pola pada satu atau dua bagian saja dapat menjadi focal point. Pemberian focal point pada ruang tamu Anda akan membantu memusatkan perhatian pada dekorasi tersebut sehingga kekurangan pada area lainnya tidak akan terlihat. 

Sebagai contoh, Anda bisa menjadikan koleksi buku di dinding sebagai focal point. Bisa juga menggunakan motif unik pada sarung bantal sehingga ruang tamu terlihat lebih elegan. 

12. Gunakan Teknik Layering


Menggunakan teknik layering dalam ruang tamu bisa dijadikan cara lainnya untuk membuat ruangan terasa lebih lega. Anda bisa dengan sengaja menyusun rak dinding menjadi 3 level berbeda atau menyesuaikannya dengan tangga sehingga ruangan terlihat lebih rapi. 

Apa Saja Isi Ruang Tamu yang Wajib?

Dalam menata ruang tamu, ada beberapa elemen yang dianggap wajib ada untuk menciptakan suasana yang nyaman dan fungsional. Berikut penjelasan mengenai beberapa elemen tersebut.

1. Sofa atau Kursi

Sofa atau kursi adalah elemen utama dalam ruang tamu yang berfungsi sebagai tempat duduk dan bersantai. Pilihlah tempat duduk yang nyaman dan sesuai dengan ukuran ruang tamu Anda.

Jika ruang tamu Anda cukup besar, sofa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana yang nyaman. Namun jika ruang tamu Anda kecil maka penggunaan kursi satuan atau bean bag bisa jadi solusi cerdas untuk membuat ruangan tetap terasa lega. 

Baca juga: Cara Sederhana Menghilangkan Bau Apek Pada Sofa

2. Meja Kopi

Meja kopi termasuk elemen penting lainnya yang perlu ada dalam ruang tamu. Meja kopi berfungsi sebagai tempat meletakkan minuman, makanan ringan, atau barang-barang kecil lainnya saat sedang berkumpul dengan keluarga maupun teman. 

Tidak perlu yang besar, Anda bisa menyesuaikan ukuran dan desainnya dengan gaya dekorasi interior yang ada. Jika ruang tamu Anda kecil, pertimbangkanlah meja kopi dengan desain sederhana tetapi juga multifungsi untuk menyimpan berbagai barang lain. Jadi penempatannya di ruang tamu Anda bukan hanya sebagai dekorasi semata tetapi juga tempat penyimpanan tambahan.

3. Rak TV atau Hiburan

Rak TV berfungsi sebagai tempat meletakkan televisi, perangkat hiburan, koleksi DVD atau buku-buku yang Anda punya. Pilihlah rak TV dengan desain yang sesuai dengan gaya dekorasi ruang tamu sehingga penempatannya tetap bisa memberikan kesan yang elegan. 

Desain rak TV sangat beragam, ada yang digantung di dinding tetapi ada juga yang menggunakan kaki di area lantai. Apabila area di lantai sudah penuh, lebih baik Anda memilih desain rak TV yang digantung untuk memberikan area yang lebih luas pada ruang tamu.

Baca juga: 10 Rak TV dari Besi Hollow yang Estetik

4. Lampu Meja atau Lampu Lantai

Lampu merupakan elemen yang tidak bisa dilewatkan saat Anda sedang melakukan penataan pada ruang tamu. Sejatinya penggunaan lampu tidak hanya penting untuk ruang tamu, tetapi juga sangat krusial untuk ruangan lainnya. Meski terlihat sebagai elemen sekunder, faktanya penggunaan lampu yang berbeda bisa menciptakan suasana yang berbeda juga. 

Anda bisa berkreasi menggunakan lampu dinding atau lampu berdiri yang ditaruh di pojok ruangan. Tergantung bagaimana Anda ingin suasana tercipta, tinggal arahkan saja cahaya dari lampu tersebut pada sudut tertentu dalam ruang tamu. 

5. Karpet

Penggunaan karpet sering dirasa menyusahkan karena memerlukan perawatan secara berkala. Padahal penggunaan karpet termasuk elemen dekoratif yang bisa memberikan sentuhan hangat dan nyaman di ruang tamu Anda. 

Pilihlah karpet dengan ukuran yang tepat agar penggunaannya dapat menciptakan suasana lain yang Anda inginkan. Pemilihan warna atau motifnya juga perlu disesuaikan agar ruang tamu Anda makin terasa nyaman digunakan untuk beraktivitas. 

Demikianlah berbagai ide penataan ruang tamu yang dapat Anda coba untuk menciptakan suasana yang lebih luas dan nyaman. Dari pemilihan furniture yang proporsional, penggunaan pencahayaan yang baik, hingga pemanfaatan dekorasi untuk mengoptimalkan ruang, semoga ide-ide ini memberikan inspirasi yang Anda butuhkan.

Jangan lupa bahwa untuk mencapai hasil penataan ruang tamu yang lebih elegan, Anda perlu memilih kualitas yang baik. Contohnya seperti penggunaan gypsum dari Klopmart. Kalau Anda mencari tempat yang menjual gypsum terdekat maka Klopmart bisa jadi platform yang tepat. 

Anda bisa mengaksesnya secara online dari mana saja dan kapan saja tanpa harus terjebak dalam kemacetan. Jadi kunjungi Klopmart segera untuk menemukan berbagai pilihan gypsum berkualitas yang Anda butuhkan! 

Sumber rujukan: 

  • https://www.dekoruma.com/artikel/149219/penataan-ruang-tamu-minimalis-modern

  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-66415-solusi-ruang-tamu-kecil-agar-terasa-lebih-luas-id.html

  • https://www.dekoruma.com/artikel/79891/desain-ruang-tamu-kecil-jadi-terasa-luas

  • https://www.houzz.com/magazine/how-to-make-your-living-room-look-bigger-stsetivw-vs~72094888 

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/tata-ruang-tamu-minimalis-62456

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya