15 Desain Sekat Ruang Tamu Minimalis, Cocok Untuk Kumpul Bareng

Apakah Anda ingin menghadirkan sentuhan unik dan memukau pada area ruang tamu? Jika iya maka desain sekat ruang tamu adalah jawabannya! Memberikan sekat pada ruang tamu telah menjadi tren terkini dalam desain interior untuk memberikan harmoni antara fungsi dan estetika yang menawan. 

Melalui berbagai pilihan desain yang kreatif dan inovatif, Anda pastinya dapat menciptakan ruang tamu yang tidak hanya nyaman, tetapi juga enak dipandang mata. Coba temukan inspirasi dari berbagai desain yang akan dijelaskan di bawah ini! 

Desain Sekat Ruang Tamu Minimalis

Sekat ruang tamu minimalis adalah pilihan populer untuk menciptakan ruang tamu yang modern, sederhana, dan terorganisasi dengan baik. 

Desain minimalis menekankan kesederhanaan dalam bentuk, warna, dan bahan yang digunakan sehingga menciptakan ruang tamu Anda jadi terkesan lebih lapang. Berikut beberapa desain sekat ruang tamu minimalis yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Sekat Ruang Tamu dengan Pola Geometris

Desain sekat ruang tamu dengan pola geometris menawarkan gaya yang modern dan estetis. Anda dapat memilih sekat berbentuk segitiga, lingkaran, atau bentuk geometris lainnya untuk memberikan tampilan unik pada ruang tamu. Sekat ini bisa ditempatkan sebagai pembatas antara area ruang tamu dengan ruang lainnya atau sebagai aksen dekoratif di tengah ruang tamu.

Baca juga: 9 Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2x3 Ternyaman

2. Sekat Ruang Tamu dengan Bahan Transparan

Penggunaan bahan transparan, seperti kaca atau akrilik, pada sekat ruang tamu mampu memberikan kesan visual yang ringan dan elegan. Penggunaan sekat transparan tidak membatasi pandangan antar-ruangan sehingga area ruang tamu Anda terkesan lebih luas, terbuka, dan terasa lebih segar. 

3. Sekat Ruang Tamu dengan Kayu Alami

Jika menginginkan nuansa alami dan hangat dalam ruang tamu Anda, cobalah gunakan kayu yang memiliki tekstur serat alami. Sekat ruang tamu dari kayu menjadikan ruang tamu Anda terlihat lebih elegan serta memberikan kenyamanan untuk melakukan berbagai aktivitas. 

4. Sekat Ruang Tamu dengan Tanaman Hidup

Tanaman hias dalam ruangan juga bisa Anda jadikan salah satu cara untuk memisahkan ruangan satu dengan yang lainnya. Penggunaan tanaman hias mampu memberikan kesan yang menyegarkan pada ruang tamu minimalis Anda. 

Selain itu keberadaan tanaman hias juga mampu menghadirkan sirkulasi udara yang sangat baik ke dalam ruangan. Anda hanya perlu menaruh tanaman hias berukuran sedang lalu menjajarkannya menjadi satu garis di tengah ruangan yang ingin dibatasi.

5. Sekat Ruang Tamu dengan Buku dan Rak Buku

Jika Anda pecinta buku, menjadikan rak buku sebagai sekat pada ruang tamu merupakan solusi cerdas! Sekat ini tidak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan, tetapi juga berperan sebagai tempat penyimpanan buku-buku kesayangan Anda. 

Koleksi buku yang Anda punya pun bisa dijadikan sebagai dekorasi untuk memberikan suasana yang nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. Penggunaan rak buku membuat Anda bisa memaksimalkan setiap ruang sambil menghadirkan desain interior yang unik. 

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas Agar Hemat

6. Sekat Ruang Tamu dengan Pintu Geser

Untuk menciptakan sekat ruang tamu yang praktis dan fleksibel, Anda bisa memilih sekat dengan pintu geser. Penggunaan pintu geser memberikan Anda kemudahan dalam mengatur akses antar-ruangan. Ruang yang dibutuhkan untuk pintu geser juga tidak sebanyak pintu biasanya. Tentu Anda jadi memiliki ruang yang lebih luas untuk bermobilisasi dengan baik.

7. Sekat Ruang Tamu dengan Panel Triplek Teakwood

Triplek teakwood adalah bahan yang ideal untuk desain sekat ruang tamu minimalis. Triplek teakwood memberikan tampilan elegan dengan tekstur alami yang indah. Bahannya juga kokoh dan minim perawatan sehingga Anda tidak perlu repot melakukan penggantian dalam waktu singkat.

8. Sekat Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding

Hiasan dinding seperti lukisan, foto, atau dekorasi lainnya dapat digunakan untuk mempercantik sekat ruang tamu minimalis Anda. Hiasan dinding menambahkan sentuhan pribadi dan karakteristik unik pada ruang tamu untuk mencerminkan kepribadian dan gaya dekorasi yang Anda inginkan.

9. Sekat Ruang Tamu dengan Pola Cantik

Penggunaan wallpaper dengan pola cantik atau pengecatan sekat dengan warna-warna yang kontras namun harmonis menjadi cara lain untuk menciptakan tampilan berbeda. Contohnya seperti pola bunga, geometris, garis-garis, dan masih banyak lagi.

10. Sekat Ruang Tamu dengan Cermin Besar

Penggunaan cermin besar juga dapat digunakan sebagai sekat ruang tamu minimalis yang elegan. Menaruh cermin sebagai pembatas juga memberikan kesan yang luas pada ruangan. Bahkan sinar cahaya matahari yang masuk ke rumah bisa memantul ke cermin untuk kemudian disebarkan ke seluruh ruangan.

Baca juga: 7 Cara Membuat Sekat Ruangan dengan Triplek

11. Sekat Ruang Tamu dengan Kain Gorden

Siapa bilang gorden hanya boleh digunakan untuk menutupi sinar cahaya yang masuk dari jendela? Penggunaan gorden juga sangat baik untuk memberikan batasan antara beberapa ruang yang ada di rumah Anda. 

Pemasangannya pun sangat mudah karena tidak perlu skill atau kemampuan khusus. Pemakaian gorden sebagai sekat pembatas termasuk fleksibel karena Anda bisa membuka dan menutupnya sesuai kebutuhan dalam waktu singkat. Jangan lupa untuk memilih warna atau pola gorden yang sesuai dengan tema interior sehingga penggunaannya tetap membuat ruang tamu terlihat elegan. 

12. Sekat Ruang Tamu dengan Papan Partisi Sementara

Apabila Anda ingin pembatas sementara yang bisa diangkat atau ditaruh kapan saja, tidak ada salahnya mencoba menggunakan papan partisi. Penggunaannya sangat fleksibel karena bahan yang digunakan untuk membuat papan partisi biasanya sangat ringan. 

Contohnya seperti bambu, kayu, GRC, block board, PVC, dan masih banyak lagi. Desain yang dapat dipilih pun beragam sehingga Anda bisa memilihnya berdasarkan tema interior ruang tamu. 

13. Sekat Ruang Tamu dengan Desain Custom

Anda juga dapat menciptakan desain sekat ruang tamu minimalis yang sepenuhnya disesuaikan dengan keinginan dan gaya dekorasi pribadi. Carilah inspirasi dari berbagai sumber atau lakukanlah kolaborasi dengan desainer interior untuk menciptakan sekat ruang tamu unik yang nyaman digunakan.

14. Sekat Ruang Tamu dengan Pola Grid

Desain sekat ruang tamu dengan pola grid atau jaring-jaring mampu memberikan tampilan modern dan kontemporer untuk Anda yang suka dengan konsep futuristik. 

Anda dapat menggunakan panel logam atau kayu dengan pola grid yang teratur untuk menciptakan sekat yang unik dan menarik. Desain ini juga memberikan kesan terbuka namun tetap memberikan batasan yang jelas antar-ruangan.

15. Sekat Ruang Tamu dengan Pintu Lipat

Pintu lipat adalah pilihan fungsional untuk Anda yang punya ruang terbatas tetapi tetap ingin memberikan sekat untuk memisahkan ruang tamu dari ruangan lainnya. Penggunaan pintu lipat membuat Anda bisa dengan mudah memaksimalkan setiap ruang yang ada sesuai kebutuhan. 

Baca juga: Jenis Jenis Pintu Berdasarkan Cara Membukanya

Apabila membutuhkan ruang yang besar untuk menjamu tamu maka pintu tersebut bisa langsung dilipat. Begitu Anda membutuhkan ruangan baru untuk dua fungsi berbeda maka pintu bisa dibuka untuk memisahkan kedua ruangan.

Penggunaan sekat ruang tamu memungkinkan Anda untuk memisahkan berbagai ruangan di rumah dengan mudah. Kalau ingin membatasi tiap ruangan secara fleksibel maka penggunaan sekat sementara merupakan pilihan yang tepat. Namun jika Anda ingin membagi ruangan secara permanen tanpa membuatnya terasa sesak maka penggunaan sekat cermin atau tanaman lebih cocok digunakan.

Dari banyaknya desain sekat ruang tamu yang dijelaskan di atas, mana yang paling Anda suka? Terlepas dari desain apa pun yang dipilih, pastikan Anda memasangnya dengan baik dan benar. Coba temukan berbagai alat dan bahan terbaik untuk membuatnya di Klopmart!

Sebagai platform online tepercaya, Klopmart menyediakan berbagai alat dan bahan kebutuhan konstruksi yang Anda butuhkan, termasuk menjual triplek teakwood. Anda hanya tinggal mengunjungi website Klopmart menggunakan smartphone untuk menemukan semua barang berkualitas.

Nantinya barang yang Anda pesan akan langsung dikirimkan ke rumah sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyewa mobil pick up untuk mengangkutnya. Sangat mudah dan efisien, bukan? Mari belanja di Klopmart sekarang dan dapatkan semua alat serta bahan terbaik!

Semoga rekomendasi desain-desain sekat ruang tamu minimalis dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Sumber rujukan:

  • https://www.ruparupa.com/blog/sekat-tembok-ruang-tamu-minimalis/

  • https://www.ruparupa.com/blog/inspirasi-sekat-ruang-tamu-minimalis-modern/

  • https://artikel.rumah123.com/7-desain-sekat-ruang-tamu-minimalis-terbaik-2022-bikin-tamu-jatuh-cinta-pada-pandangan-pertama-112357

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

7 Cara Pasang Plafon Triplek dengan Tepat dan Efisien

Konstruksi

7 Cara Pasang Plafon Triplek dengan Tepat dan Efisien

Selengkapnya
5 Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dari Triplek dengan Mudah

Konstruksi

5 Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dari Triplek dengan Mudah

Selengkapnya
5 Cara Membuat Meja Lipat dari Triplek dengan Mudah

Konstruksi

5 Cara Membuat Meja Lipat dari Triplek dengan Mudah

Selengkapnya