12 Desain Rak Dinding Minimalis dan Elegan

Pemilihan desain rak dinding yang tepat akan membuat ruangan di rumah Anda terlihat elegan dan estetis. Sebaliknya, pemilihan rak dinding yang norak atau tidak sesuai dengan tema interior rumah Anda akan sangat mengganggu. Itu sebabnya Anda harus memahami dengan benar apa yang menjadi interior rumah sebelum membeli berbagai furniture, termasuk rak dinding. 

Penggunaan rak dinding sendiri sejatinya bukan hanya untuk hiasan atau aspek estetis semata. Penggunaan rak dinding juga banyak ditujukan sebagai salah satu cara untuk menyimpan berbagai barang yang ada di rumah.

Apa lagi kalau rumah Anda memiliki keterbatasan soal ruang, jelas rak dinding akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan tambahan agar area lantai dan ruangan di rumah terasa lebih luas. 

Berikut ini Klopmart sudah menyediakan berbagai desain rak dinding yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk di rumah. Bentuknya juga beragam sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan tema interior yang ada. Langsung simak selengkapnya di bawah ini!

Desain Rak Dinding Minimalis dan Elegan

Kalau Anda bingung harus menggantung pajangan seperti apa, rak dinding bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang tepat. Selain bisa menampung beberapa barang, penggunaan rak dinding juga mampu dijadikan dekorasi yang menawan. Coba temukan desain rak dinding yang cocok dengan preferensi Anda berikut ini!

1. Rak Dinding Persegi Panjang Sederhana

Kalau Anda mencari rak dinding minimalis tetapi tetap elegan maka desain sederhana persegi panjang saja sudah cukup. Seperti yang bisa Anda lihat di gambar, rak dinding persegi panjang ini tidak memiliki motif atau pattern tertentu. 

Keberadaannya sangat elegan untuk menyimpan berbagai buku sekaligus menjadi dekorasi dalam ruangan. Bukankah rak dinding simpel seperti ini sudah banyak memberikan dekorasi pada tembok rumah Anda?

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku dari Kayu yang Kokoh

2. Rak Dinding Kayu Minimalis

Ada juga rak dinding persegi panjang yang memiliki motif kayu alami. Penggunaan rak dinding dengan motif kayu alami ini jelas memberikan sentuhan berbeda ke dalam ruangan. Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi di atasnya seperti vas bunga, bingkai, atau beberapa pigura koleksi terfavorit. 

Kalaupun Anda tidak mau menaruh banyak barang atau dekorasi maka tidak ada masalah juga. Keberadaan rak dinding bermotif kayu sendiri sudah memberikan dampak yang bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. 

3. Rak Dinding Kayu Berwarna Putih yang Elegan 

Memilih desain rak dinding yang tepat memang bukan perkara mudah. Masalahnya saat ini ada begitu banyak desain yang bisa dipilih. Kalau sebelumnya hanya persegi panjang biasa dengan motif kayu asli, kali ini ada yang berbeda dengan rak dinding biasanya. 

Menggunakan bentuk balok, desain rak dinding satu ini terbilang unik karena tersedia beberapa pintu putih untuk menyimpan barang yang Anda punya. Penggunaan rak seperti ini benar-benar menawan dan membuat interior rumah terlihat sangat estetis.

4. Rak Dinding Berbentuk Huruf U

Dalam pemilihan rak dinding untuk di rumah, sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru. Desain rak dinding yang Anda lihat di satu toko furniture merupakan sedikit saja dari banyaknya varian yang dapat dipilih. Tentunya ada banyak desain rak dinding yang unik, seperti rak berbentuk huruf “U” satu ini. 

Bentuknya yang cukup unik sangat cocok untuk Anda yang menginginkan dekorasi estetis tetapi tidak berlebihan. Anda juga bisa menyimpan berbagai barang di bagian tengahnya supaya rumah terlihat lebih rapi.

5. Rak Dinding Gantung DIY

Ingin rak dinding yang benar-benar unik? Mengapa Anda tidak mencoba membuatnya sendiri? Coba cari dahulu beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat rak dindingnya, seperti kayu tripleks, kawat, mur, dan bor. 

Anda bisa membuat rak dinding sendiri seperti contoh pada gambar. Terlihat sangat sederhana dengan beberapa tambahan tanaman hias yang ada di atasnya. Namun dekorasi rak dinding seperti ini saja sudah sangat bagus dan enak dipandang mata. Bagaimana? Siap menantang diri Anda sendiri?

Baca juga: Ini Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas Agar Hemat

6. Rak Dinding Jaring yang Estetis

Buat Anda yang suka dengan sesuatu yang unik, desain rak satu ini cocok digunakan! Meski unik dengan bentuk huruf S kaku yang tidak biasa tetapi penggunaannya benar-benar memberikan kesegaran baru pada ruangan rumah Anda. 

7. Rak Dinding dengan Peg Board

Ada lagi ide desain dengan menggunakan peg board pada dinding rumah Anda. sebenarnya peg board biasa digunakan untuk memudahkan penyimpanan barang-barang di gudang seperti menaruh bor, obeng, mur, dan berbagai peralatan perkakas lainnya. Peg board juga banyak digunakan di dalam kamar untuk mengorganisasi alat tulis atau barang lainnya. 

Meski jarang yang menggunakan peg board pada ruang tamu, tetapi bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan. Anda bisa berkreasi dengan menggunakannya sebagai rak dinding dengan berbagai tempat penyimpanan yang bisa disesuaikan. 

Peg board membantu meminimalkan penggunaan bor pada dinding sehingga Anda bisa mudah menggantinya dengan dekorasi lain tanpa meninggalkan bekas lubang yang banyak. 

8. Rak Dinding dari Laci

Budget untuk interior rumah terbatas? Anda bisa mendaur ulang alias menggunakan barang apa saja yang tidak terpakai untuk menjadikannya rak dinding. Contohnya seperti penggunaan laci yang memberikan kesan klasik pada ruangan rumah. Walau bekas, rak dinding ini tetap sangat estetis dan minimalis. Tidak norak tetapi juga tidak membosankan saat dipandang. 

9. Rak Dinding dengan Gantungan di Bagian Bawah

Penggunaan rak dinding faktanya bukan hanya di ruang tamu, kamar atau dapur saja. Anda bisa menggunakannya tepat di sebelah pintu utama untuk menaruh berbagai barang penting yang selalu digunakan. 

Contohnya seperti menggantung kunci atau tas yang selalu Anda gunakan ke luar rumah. Namun bisa juga dibuat estetis dengan penambahan tanaman hias gantung atau buku-buku yang Anda miliki. 

Baca juga: Bagaimana Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Paku?

10. Rak Dinding Sederhana Mengikuti Pola Lingkaran

Bosan dengan penataan rak dinding yang selalu sama? Anda bisa mencoba menata rak dinding mengikuti suatu pola tertentu. Kalau dari gambar di atas, Anda bisa melihat bahwa penataan rak dinding sengaja dibuat mengikuti lingkaran. Penggunaan warna salem  juga sangat tepat mengisi ruangan yang berwarna putih. 

11. Rak Dinding dengan Palet

Mencari cara berbeda untuk memberikan dekorasi pada ruangan menggunakan tanaman hias? Anda bisa mencoba menggunakan palet bekas yang tidak lagi digunakan. Namun sebelum menggunakannya, lebih baik Anda mengamplas serta membersihkannya supaya terlihat estetis ketika digantung di dinding. 

12. Rak Dinding Persegi Putih

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan rak dinding kubus layaknya bingkai untuk menaruh berbagai barang. Anda bisa menaruh buku, tanaman hias, piring atau gelas cantik, miniatur mungil, hingga piala penghargaan. 

Jangan lupa untuk memilih warna yang paling sesuai dengan interior rumah supaya penggunaan rak dinding tersebut menambah keharmonisan, bukan gangguan. 

Dari banyaknya rekomendasi desain rak dinding yang sudah dijelaskan di atas, apa yang paling Anda suka? Sudahkah Anda mendapatkan inspirasi yang dibutuhkan untuk memperindah dan merapikan rumah?

Setelah memilih rak dinding terbaik, pastikan Anda sudah memahami bagaimana cara memasangnya dengan benar tanpa merusak tembok atau barang lainnya di rumah. Pastikan juga Anda sudah punya bahan dan alat yang dibutuhkan untuk memasangnya. 

Kalaupun belum ada, Anda bisa langsung mengunjungi Klopmart untuk membeli semua barang yang dibutuhkan. Klopmart sebagai platform jual beli bahan material pastinya memiliki semua barang yang Anda butuhkan untuk memasang rak dinding dengan baik. 

Klopmart juga menjual bor listrik makita yang akan memudahkan Anda dalam mengebor atau memasang berbagai barang lainnya di rumah. Tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga yang besar, Anda hanya perlu menyalakan bor listrik dan pekerjaan akan selesai dalam sekejap. Langsung pesan barang yang Anda perlukan sekarang hanya di Klopmart! 

Sumber rujukan: 

  • https://www.rumahkuunik.com/2017/04/rak-dinding-unik-minimalis.html

  • https://www.pinhome.id/blog/rak-dinding-minimalis/

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

9 Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x3: Simpel dan Menarik

Home & Living

9 Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x3: Simpel dan Menarik

Selengkapnya
9 Desain Ruang Keluarga Minimalis: Fungsional dan Nyaman

Home & Living

9 Desain Ruang Keluarga Minimalis: Fungsional dan Nyaman

Selengkapnya
14 Tips Beli Rumah Pertama dan Cara Terhindar dari Penipuan

Home & Living

14 Tips Beli Rumah Pertama dan Cara Terhindar dari Penipuan

Selengkapnya