Konstruksi

10 Tanaman yang Cocok di Rumah Anda

Media
09 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Setelah membahas Manfaat tanaman dalam rumah, sekarang adalah saat yang tepat untuk membahas tanaman hias dalam ruangan yang tepat untuk rumah Anda. Memiliki tanaman dalam ruangan dapat berdampak besar pada orang-orang di dalam rumah, mulai dari semakin banyak udara segar, hinga menambah estetika di dalam rumah. Tapi, jangan asal pilih. Anda harus tahu terlebih dahulu tanaman yang cocok untuk di dalam rumah.

Tanaman hias dalam ruangan memiliki banyak jenis. Untuk mempermudah pemilihan, Anda bisa memilih jenis tanaman hias indoor yang sedang tren. Tanaman hias indoor yang sedang tren umumnya sangat mudah dirawat, yang juga jadi penyebab popularitasnya.

Selain itu, memilih tanaman hias dalam ruangan yang tren juga akan dapat membantu Anda ketika mencari jawaban atas pertanyaan yang mungkin muncul saat sedang merawatnya. Berikut adalah beberapa jenis tanaman hias dalam ruangan yang dapat Anda coba.

Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan Untuk Rumah Anda

1. Lidah Mertua

Entah apa hubungannya ‘lidah mertua’ dengan bentuknya yang panjang dan meruncing ke atas. Apakah karena lidah mertua itu tajam? Waduh! Lebih baik kita bahas yang lain sebelum terjadi gelombang protes dari para mertua. Tanaman bernama Latin, Sansevieria ini dapat menyerap debu dan polusi udara dari ruangan. Perawatannya pun cukup mudah. Cukup siramkan air sekitar 30 ml setiap satu kali atau dua kali seminggu.

Baca Juga: Cara Menyiram Tanaman Dengan Baik dan Benar

2. Lidah Buaya

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Aloe Vera ini ternyata selain baik untuk kesehatan kulit, juga mampu menyerap formaldehyde dan benzene yang dihasilkan oleh cat dan produk pembersih. Bentuknya yang unik dan kokoh ini cukup digemari para pemilik rumah minimalis.

3. Kaktus

Kaktus meja adalah kaktus yang diletakkan di dalam pot kecil berisi media tanam. Kaktus cocok diletakkan di atas meja kerja di dekat komputer karena diyakini dapat menyerap radiasi layar monitor dan perangkat listrik lainnya. Kaktus dijual dalam beraneka bentuk dan warna.

4. Sirih Gading

Tanaman merambat ini juga dijuluki Devil’s Ivy dan merupakan tanaman yang sangat mudah beradaptasi. Cukup masukan patahan dari tanaman ini ke dalam wadah berisi air, maka segera tanaman tersebut tumbuh besar. Tanaman ini dapat menyerap polutan dan debu yang menempel di karpet dan sofa. Gantilah air dalam wadahnya setiap dua atau tiga hari sekali.

5. Chinese Evergreen

Tanaman hias berdaun hijau dengan corak pinggiran hijau muda dan putih ini cocok untuk rumah minimalis modern. Nama latinnya adalah Aglaonema dan sangat menyukai tanah lembab dan tidak menyukai hembusan udara dingin.

6. Philodendron

Walaupun tanaman berdaun lebar ini dapat tahan selama tiga minggu di dalam ruangan tanpa matahari langsung, tanaman ini perlu untuk dikeluarkan selama 2 – 3 hari untuk mendapatkan sinar matahari. Daunnya yang lebar berbentuk hati ini merupakan daya pikat utamanya dan dari bentuk daunnya inilah ia mendapatkan nama philodendron (philo: cinta + dendron: pohon).

7. Bambu Hias

Konon bambu dikatakan sebagai pohon pembawa keberuntungan menurut kepercayaan orang Tionghoa. Bukan hanya itu bambu juga mampu menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen dengan cepat sehingga udara di dalam ruangan terjaga kesegarannya.

8. Peace Lily

Kalau berbicara tanaman dalam ruangan yang estetik, maka nama Peace Lily atau Lili Perdamaian adalah nama yang tidak mungkin dilewatkan.

Seperti namanya, tanaman hias satu ini memiliki sentuhan warna putih yang melambangkan perdamaian. Selain sisi estetiknya, tanaman hias ini juga dikenal dapat menyerap polutan dengan sangat baik, yang merupakan sifat yang sangat Anda butuhkan dari tanaman dalam ruangan.

Tanaman hias ini juga dikenal 'tahan banting'. Maksud tahan banting di sini adalah tanaman hias ini tidak butuh terkena sinar matahari langsung terus menerus untuk tumbuh subur yang membuatnya semakin sempurna sebagai tanaman dalam ruangan.

9. Spider Plant

Dikenal juga sebagai Lili Paris, Spider Plant adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang sempurna karena sifat menyerap polutannya. Tanaman yang memiliki bentuk unik ini juga dapat ditempatkan di berbagai sudut ruangan.

Cara merawata tanaman dalam ruangan satu ini juga relatif mudah. Anda hanya perlu memastikan menyiramnya 2 hingga 3 kali sehari dan mendapatkan asupan cahaya matahari dengan cukup baik. Pastikan tanah tanaman ini tidak terlalu basah untuk mencegah akarnya cepat membusuk.

10. Palem Kuning

Anda menyukai jenis tanaman palem dan sedang mencari tanaman dalam ruangan? Jika iya, maka tanaman Palem Kuning dapat menjadi jawaban untuk Anda.

Tanaman dalam ruangan ini dikenal dapat menangkal berbagai jenis polutan dengan baik. Selain itu, tanaman hias ini juga memiliki umur yang cukup lama hingga angka 10 tahun. Umur yang panjang ini tentu datang dari perawatan yang benar. Pastikan Anda menempatkan tanaman hias ini ditempat yang dapat dijangkau sinar matahari langsung dengan mudah.

Itulah beberapa tanaman yang cocok untuk di dalam rumah. Tanaman hias dalam ruangan tidak hanya dapat mempercantik rumah tapi juga membuat aktivitas di dalam rumah menjadi lebih sejuk. Apapun jenis tanaman hias yang Anda pilih, pastikan Anda mengetahui cara merawatnya. Tanaman dalam ruangan umumnya tidak terlalu merepotkan dari segi perawatan. Tetapi, pastikan agar tanaman Anda tidak layu atau menjadi busuk yang malah akan menganggu keindahan rumah dan aktivitas Anda di rumah.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya